Edukasi Gemar Menabung untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.25134/987rkj52Keywords:
Edukasi, Menabung, Literasi Keuangan, SiswaAbstract
Edukasi literasi keuangan merupakan pendidikan tentang cara mengelola keuangan dengan baik sesuai kebutuhan. Banyaknya regulasi yang berupaya mendorong dan membangun pendidikan karakter budaya menabung guna membantu siswa tumbuh menjadi perencana keuangan yang bijak. Masih rendahnya literasi keuangan dan tingkat kegemaran menabung siswa mendorong perlunya dilakukan sosialisasi dan bimbingan dengan tujuan mengedukasi para siswa agar gemar menabung guna melek literasi keuangan sebagai motivasi siswa menuju kemandirian finansial. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi gemar menabung ini sebagai salah satu perwujudan dari program kerja KKN Universitas Kuningan di Desa Cijemit yang dilaksanakan dalam lima tahapan yaitu survei & koordinasi, perencanaan kegiatan, persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep keuangan siswa dengan partisipasi aktif dan semangat tinggi dalam menggunakan uang secara bijak, serta mampu menumbuhkan rasa pentingnya menabung untuk masa depan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi keuangan pada anak diperlukan kerja sama berbagai pihak, salah satunya adalah peran dari orang tua melalui kegiatan pengawasan serta bimbingan secara terpadu dan berkelanjutan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Mulyati, Jalalul Muhaqiq Albani, Joan Friski, Karina Siti Nurbaitirahmah, Laila Muthmainnah, Nana Rohmana, Rangga Juwan Anugrah, Windi Wilyawati, Yogi Pramudita, Iman Ramanda Nur Soleh, Fhutri Setia Utami, Febby Tazkiya Salsabila, Aam Rumania, Ade Awaludin, Adelia Stephany Putri, Afni Alifia Agustin, Alamanda Indah Shantika, Aneira Cahyarani, Dini Amanda Nursyifa, Esha Rizki Khapi, Yussal Chaerul Rizaldy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.